Charger Kendaraan Listrik
Komponen Brand
Bagaimana Cara Kerjanya Charger Kendaraan Listrik?
Salah satu kekhawatiran terbesar bagi pemilik kendaraan listrik (EV) adalah mengetahui kapan dan bagaimana mengisi daya kendaraan mereka.
Masuk akal: Rata-rata orang Amerika telah menghabiskan hidup mereka berkeliling di mobil bertenaga gas,mengisi di salah satu dari ratusan ribu pompa bensin saat pengukur merayap menuju kosong.
Mengisi daya EV seseorang membutuhkan sedikit lebih banyak perencanaan, tetapi dengan meningkatnya permintaan dan insentif untuk alternatif mobil bertenaga gas, stasiun pengisian EV publik menjadi pemandangan yang lebih umum.
Jadi, apakah Anda pemilik EV atau ingin menambahkan stasiun pengisian EV publik ke properti komersial Anda, berikut adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang cara kerja pengisi daya EV.
Apa itu Pengisi Daya EV?
Baik kendaraan listrik maupun kendaraan listrik hibrida plug-in memerlukan pengisi daya EV untuk menjaga baterai tetap penuh, sama seperti perangkat yang dapat diisi daya atau elektronik lainnya.
Bagaimana Cara Kerja Pengisian EV?
Pada dasarnya, pengisi daya EV menarik arus listrik baik dari stop kontak 240v atau jaringan yang terhubung dengannya dan mengirimkan listrik itu ke kendaraan, sama seperti alat atau perangkat lain yang Anda isi daya dengan mencolokkannya ke dinding.
Setiap Pengisi Daya Tidak Perlu Dicolokkan ke Setiap EV—Tetapi Adaptor Tersedia
Untuk sebagian besar, colokan J1772 adalah standar untuk EV—yaitu, kecuali Anda memiliki Tesla atau mencoba menggunakan stasiun pengisian EV Tesla.
Anggap saja sebagai kabel pengisi daya perangkat: Jika Anda memiliki kabel USB-C, tetapi perangkat Anda menggunakan Mini-USB, kabel USB-C tidak dapat digunakan untuk mengisi daya perangkat Anda tanpa adaptor.
Karena Tesla menggunakan bentuk konektornya sendiri dari perangkat ke kendaraan, pengisi daya Tesla tidak dapat digunakan pada kendaraan non-Tesla, dan pengisi daya non-Tesla tidak dapat digunakan pada kendaraan Tesla tanpa adaptor.
Adaptor memang ada dan dapat dibeli secara online, tetapi penting bagi pengemudi untuk memperhatikan jenis pengisi daya apa yang mereka parkir di depan.Selain itu, entitas komersial yang ingin memberikan pengisian EV di properti atau tempat parkir mereka harus mempertimbangkan bahwa hanya membeli pengisi daya Tesla akan membuat banyak pengemudi EV tidak dapat menggunakan layanan Anda.
Bagaimana Stasiun Pengisian EV Publik Bekerja?
Jika Anda parkir di depan stasiun pengisian EV, ada beberapa hal yang perlu Anda tentukan. Pertama, stasiun mungkin disediakan secara gratis, mungkin memerlukan FOB kunci atau perangkat akses lainnya, atau mungkin memerlukan pembayaran kartu kredit—mirip dengan situasi parkir lainnya seperti hanya diizinkan parkir di tempat parkir gratis jika Anda ‘ adalah pelanggan, atau Anda mungkin perlu membayar meteran parkir selama waktu dan hari tertentu.
Perangkat dan pemberitahuan yang dipasang harus menjelaskan cara menggunakan stasiun pengisian daya.
Untuk organisasi yang ingin menambahkan stasiun pengisian EV publik ke properti mereka, iEVSE dan iEVSE Plus dari EvoCharge memberi Anda opsi terkait cara orang lain menggunakan pengisi daya Anda.
Kedua unit memungkinkan Anda untuk mengontrol waktu keluaran dan pengisian daya, dan iEVSE Plus telah menambahkan kemampuan 4G LTE dan pembaca kartu RFID sehingga Anda dapat menggunakan pengisi daya untuk menghasilkan pendapatan.
Rencanakan Dengan Stasiun Pengisian EV Publik dalam Pikiran
Setelah Anda mulai melihat stasiun pengisian EV publik, Anda akan mulai memasukkannya ke dalam jadwal Anda, seperti berencana menjalankan tugas terakhir sehingga Anda dapat menggunakan pengisi daya di tempat parkir mereka.
Organisasi komersial akan ingin memikirkan bagaimana bisnis Anda dapat dimasukkan ke dalam rencana harian orang lain: Apakah pelanggan atau pengunjung Anda lebih cenderung sering mengunjungi lokasi Anda jika Anda menawarkan stasiun pengisian EV publik? Mungkinkah mereka tinggal lebih lama jika mereka tahu mereka mendapatkan biaya tambahan setiap menit tambahan yang mereka habiskan di tempat Anda? Bisakah perusahaan Anda menjadi lokasi tujuan klien Anda untuk menjalankan tugas jika mereka tahu Anda telah menyediakan stasiun pengisian EV publik? Yang penting adalah mengetahui pelanggan Anda dan memahami bagaimana memasukkan stasiun pengisian EV ke bisnis Anda dapat membantu menyediakan layanan.
Type Electric Vehicle Charger
Biasanya sebagian besar EV dilengkapi dengan pengisi daya sederhana yang dapat digunakan dengan stopkontak 10A yang umum. Pengisi daya portabel kecil ini biasanya akan mengisi daya EV selama 12-24 jam tergantung pada ukuran baterai EV dan tingkat baterai pada waktu pengisian awal. Sebagian besar pengisi daya 10A dapat mengisi daya pada tingkat maksimum 2.2kW, tetapi biasanya menarik dari 1.7kW ke 2.0kW yang menambahkan sekitar 10km hingga 14km jangkauan per jam, tergantung pada kendaraan.
Tenaga surya 6kW perumahan rata-rata dapat menghasilkan 2 hingga 3kW bahkan selama cuaca berawan, jadi pengisian solar EV menggunakan pengisi daya soket plug-in cukup mudah.
2. Type Home use
Type ini adalah alat yang terpisah yang dihubungkan langsung ke pasokan listrik rumah Anda, biasanya hanya untuk dipakai sendiri atau nonprofitable .
Mereka biasanya dipasang oleh perusahaan yang memasoknya, atau mereka dapat dipasang oleh tukang listrik dengan sertifikasi khusus.
Untuk type ini biasanya dapat mencharge 3KW, hampir sama dengan soket listrik biasa. Namun, unit yang paling umum – termasuk yang diberikan gratis oleh pabrikan mobil listrik biasanya 7kW. Ini akan memotong waktu pengisian setengah dan dibandingkan dengan soket tiga pin, memberikan biaya pengisian yang realistis semalaman untuk sebagian besar mobil listrik di pasar. Seberapa cepat Anda dapat mengisi daya tergantung pada pasokan listrik di rumah Anda.
Sebagian besar rumah memiliki koneksi satu fase, tetapi beberapa properti atau bisnis modern akan memiliki koneksi tiga fase.
Ini mampu mendukung kotak dinding 11kW atau bahkan 22kW – tetapi jarang untuk rumah keluarga biasa. Type ini dapat dipasang ‘tertambat’ atau ‘tidak ditambatkan’. Sambungan yang ditambatkan memiliki kabel captive yang disimpan di unit itu sendiri, sedangkan kotak yang tidak ditambatkan hanya memiliki soket untuk Anda colokkan kabel Anda sendiri.Yang terakhir terlihat lebih rapi di dinding, tetapi Anda harus membawa kabel pengisi daya.
Type Business Use biasanya dipasang ditempat tempat umum atau diperuntukkan untuk usaha. Pada umumnya kita bisa sebut juga sebagai depot pengisian batere, kita bisa membeli atau menyewa alat ini untuk mengisi mobil kita.
Jenis-jenis Plug Kepala EV Charger
3 Pin Charging Cab
Juga dikenal sebagai Mode 1 atau kabel pengisian daya portabel, kabel ini mirip dengan apa yang Anda lihat pada peralatan besar seperti lemari es dan mesin cuci. Steker konektor 3-pin dapat dimasukkan ke steker domestik sedangkan ujung lainnya adalah steker kendaraan. Seperti yang ditunjukkan di situs web EV Power, kabel ini memiliki konektor yang sering menjadi standar dari pabrikan mobil.
Anda dapat membeli kabel pengisi daya ini dalam dua jenis berbeda:
• Kabel pengisi daya 3 pin ke tipe 2
• Kabel pengisi daya 3 pin ke tipe 1
Biasanya akan memiliki kotak kontrol di suatu tempat di sepanjang panjangnya yang memfasilitasi komunikasi antara mobil dan titik pengisian daya. Kabel ini menyediakan pengisian lambat dengan output daya 3kW AC dengan kisaran perkiraan pengisian 8 mil per jam. Karena tingkat pengisian daya yang buruk ini, pemilik EV disarankan untuk berinvestasi di titik pengisian EV khusus yang mampu memberikan pengisian cepat di rumah.
Tipe 1
AS dan Jepang – J1772. Colokan tipe 1 adalah fase tunggal dan memungkinkan pengisian cepat pada tingkat output daya 3.7kW-7.4kW AC dan jangkauan per jam sekitar 12,5-25 mil. Desain fitur 5-pin. Steker ini sebagian besar digunakan dengan model mobil yang ditemukan di beberapa bagian Asia, dan lebih sedikit di Eropa. Mungkin sulit untuk menemukan pengisi daya dan stasiun pengisian Tipe 1 di Inggris.
Tipe 2
Tipe 2 (Mennekes)
Ini adalah desain steker 7-pin yang merupakan standar untuk pasar Eropa. Ini menawarkan kemampuan pengisian cepat dengan tingkat output daya 3.7kW-7kW AC. Ini memberikan kisaran perkiraan per jam pengisian 12,5-25 mil. Satu pengecualian untuk standar ini adalah Tesla Supercharger. Mereka menyediakan konektor DC pada Tipe 2. Tingkat output 130kW dengan jangkauan per jam 180 mil.
Konektor ini memiliki mekanisme penguncian bawaan yang memastikan Anda dapat menggunakannya dengan aman dan andal di stasiun pengisian daya tanpa khawatir. Output yang kuat difasilitasi oleh daya tiga fase, memungkinkan pengisi daya semacam itu dipasang secara profesional di rumah. Sebagian besar stasiun pengisian daya mendukung soket Tipe 2.
CCS (Combined Charging System)
CCS Tipe 2
Ini adalah versi steker Tipe 2 yang dimodifikasi dan disempurnakan. Ini menambahkan dua titik kontak daya ekstra yang memfasilitasi pengisian cepat. Pengisi daya ini mendukung pengisian daya AC dan DC dengan tingkat keluaran daya mulai dari 50kW-350kW. Standarnya adalah 50kW, dengan tingkat output yang lebih tinggi masih diuji.
CHAdeMO
CHAdeMO – Charging Connector
These cables and plugs offer quick charging with a capacity of up to 50kW DC with an approximate range per 30 minutes of charging of 75 miles. They are typically available at public charging stations. It is compatible with a variety of vehicle brands including Toyota, Honda, Nissan, Mazda, and Mitsubishi. Tesla Superchargers can also use this charging system but will require a modified Type 2 Mennekes plug. Though developed in Japan, this connector type is very common across the UK.
OUR PRODUCT PARTNER
Kualitas dari hasil berkaitan dengan efisiensi dan performance dari sebuah sistem renewable energi dan sistem produksi tergantung dari komponen dan alat penunjangnya. AJIPower® selalu mengutamakan menggunakan produk-produk dari merek yang ternama dan berada di Tier-1 list berdasar dari Review Internasional, percayakan kebutuhan Energi Terbarukan dan Sheet Metal Part dan Mesin kepada kami.
Dapatkan penawaran dan solusi yang terbaik mengenai produk energi terbarukan anda kepada kami.