Have a question? Contact Us !

MICRO HYDRO GENERATOR

MICRO HYDRO GENERATOR

Micro Hydro Generator dapat menjadi salah satu bentuk energi terbarukan yang paling sederhana dan konsisten di properti Anda.
Jika Anda memiliki air yang mengalir melalui properti Anda, Anda mungkin mempertimbangkan untuk membangun sistem tenaga air kecil untuk menghasilkan listrik. Sistem tenaga mikro hidro biasanya menghasilkan listrik hingga 100 kilowatt. Sebagian besar sistem tenaga air yang digunakan oleh pemilik rumah dan pemilik usaha kecil, termasuk petani dan peternak, akan memenuhi syarat sebagai sistem tenaga air mikro. Tetapi sistem pembangkit listrik tenaga mikro hidro 10 kilowatt umumnya dapat menyediakan daya yang cukup untuk rumah besar, resort kecil, atau peternakan hobi.
Sebuah sistem pembangkit listrik tenaga mikro hidro membutuhkan turbin, pompa, atau kincir air untuk mengubah energi air yang mengalir menjadi energi rotasi, yang diubah menjadi listrik.

Cara Kerja Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro,
Komponen Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro sistem pembangkit listrik tenaga air mikro run of the river terdiri dari komponen-komponen dasar ini:
Pengangkutan air — saluran, pipa, atau pipa bertekanan (penstock) yang menyalurkan air
Turbin, pompa, atau kincir air — mengubah energi air yang mengalir menjadi energi rotasi
Alternator atau generator — mengubah energi putaran menjadi listrik
Regulator — mengontrol generator
Pengkabelan — menyalurkan listrik.

Turbin dan generator yang tersedia secara komersial biasanya dijual sebagai paket. Sistem do-it-yourself memerlukan pencocokan yang cermat antara generator dengan tenaga kuda dan kecepatan turbin.
Banyak sistem juga menggunakan inverter untuk mengubah listrik arus searah (DC) tegangan rendah yang dihasilkan oleh sistem menjadi listrik arus bolak-balik (AC) 120 atau 240 volt. (Atau, Anda dapat membeli peralatan rumah tangga yang menggunakan listrik DC.).
Apakah sistem pembangkit listrik tenaga mikro hidro akan terhubung ke jaringan atau berdiri sendiri akan menentukan banyak keseimbangan komponen sistemnya.
Misalnya, beberapa sistem yang berdiri sendiri menggunakan baterai untuk menyimpan listrik yang dihasilkan oleh sistem. Namun, karena sumber daya tenaga air cenderung lebih musiman daripada sumber daya angin atau matahari, baterai mungkin tidak selalu praktis untuk sistem pembangkit listrik tenaga air mikro. Jika Anda menggunakan baterai, baterai harus ditempatkan sedekat mungkin dengan turbin karena sulit untuk mentransmisikan daya bertegangan rendah dalam jarak jauh

Jenis-Jenis Turbin

Turbin Impuls
Turbin impuls, yang memiliki desain paling tidak rumit, paling sering digunakan untuk sistem mikrohidro berkekuatan tinggi. Mereka mengandalkan kecepatan air untuk menggerakkan roda turbin, yang disebut runner. Jenis turbin impuls yang paling umum termasuk roda Pelton dan roda Turgo.
Roda Pelton
— menggunakan konsep gaya jet untuk menciptakan energi. Air disalurkan ke pipa bertekanan dengan nosel sempit di salah satu ujungnya. Air menyembur keluar dari nosel dalam jet, mengenai ember bertangkai ganda yang terpasang pada roda. Dampak dari semprotan jet pada ember melengkung menciptakan kekuatan yang memutar roda pada tingkat efisiensi tinggi 70–90%. Turbin roda pelton tersedia dalam berbagai ukuran dan beroperasi paling baik dalam kondisi aliran rendah dan head tinggi.
Roda impuls Turgo — versi Pelton yang ditingkatkan. Menggunakan konsep jet spray yang sama, namun jet Turgo yang berukuran setengah dari Pelton itu miring sehingga semprotan mengenai tiga ember sekaligus. Akibatnya, roda Turgo bergerak dua kali lebih cepat. Ini juga kurang besar, membutuhkan sedikit atau tanpa roda gigi, dan memiliki reputasi yang baik untuk operasi bebas masalah. Turgo dapat beroperasi dalam kondisi aliran rendah tetapi membutuhkan head sedang atau tinggi.
Turbin Jack Rabbit — turbin drop-in-the-creek yang dapat menghasilkan tenaga dari aliran air hanya dengan 13 inci air dan tanpa head. Output dari Jack Rabbit adalah maksimum 100 Watt, jadi output harian rata-rata 1,5-2,4 kilowatt-jam, tergantung pada situs Anda. Kadang-kadang disebut sebagai Aquair UW Submersible Hydro Generator.
Turbin Reaksi
Turbin reaksi, yang sangat efisien, bergantung pada tekanan daripada kecepatan untuk menghasilkan energi. Semua bilah turbin reaksi mempertahankan kontak konstan dengan air. Turbin ini sering digunakan di lokasi pembangkit listrik tenaga air skala besar.
Karena kerumitan dan biayanya yang tinggi, turbin reaksi biasanya tidak digunakan untuk proyek pembangkit listrik tenaga mikrohidro. Pengecualian adalah turbin baling-baling, yang datang dalam berbagai desain dan bekerja seperti baling-baling perahu.
Turbin baling-baling memiliki tiga hingga enam bilah yang biasanya dipasang pada sudut yang berbeda sejajar pada runner. Bulb, tubular, dan Kaplan tubular adalah variasi dari turbin baling-baling. Turbin Kaplan, yang merupakan sistem baling-baling yang sangat mudah beradaptasi, dapat digunakan untuk lokasi mikrohidro.
Pompa dan Kincir Air

Pompa konvensional dapat digunakan sebagai pengganti turbin hidrolik. Ketika aksi pompa dibalik, ia beroperasi sebagai turbin. Karena pompa diproduksi secara massal, Anda akan menemukannya lebih mudah daripada turbin. Pompa juga lebih murah. Namun, untuk kinerja pompa yang memadai, lokasi pembangkit listrik tenaga air mikro Anda harus memiliki head dan aliran udara yang konstan.

OUR PRODUCT PARTNER

Kualitas dari hasil berkaitan dengan efisiensi dan performance dari sebuah sistem renewable energi dan sistem produksi tergantung dari komponen dan alat penunjangnya. AJIPower® selalu mengutamakan menggunakan produk-produk dari merek yang ternama dan berada di Tier-1 list berdasar dari Review Internasional, percayakan kebutuhan Energi Terbarukan dan Sheet Metal Part dan Mesin kepada kami.
Dapatkan penawaran dan solusi yang terbaik mengenai produk energi terbarukan anda kepada kami.

error: