Have a question? Contact Us !

SOLAR PHOTOVOLTAIC SYSTEM

SOLAR PHOTOVOLTAIC SYSTEM

Solar Photovoltaic system
Terdiri dari satu atau lebih panel surya yang dikombinasikan dengan inverter dan perangkat keras listrik dan mekanik lainnya yang menggunakan energi dari Matahari untuk menghasilkan listrik.
Sistem PV dapat sangat bervariasi dalam ukuran dari atap kecil atau sistem portabel hingga pembangkit listrik skala besar.
Meskipun sistem PV dapat beroperasi sendiri sebagai OFFGrid System.

SOLAR HOME SYSTEM

System Tenaga Surya yang menghasilkan listrik yang digunakan untuk kebutuhan rumah tangga dan komunitas. Cocok digunakan untuk :
- Rumah
- Pabrik
- Atap parkir
- Dll
Hubungi Kami untuk info lebih lanjut

PANEL SURYA TERAPAN

System Tenaga Surya yang dikombinasikan dengan beberapa peralatan Contohnya
- Lampu Jalan Tenaga Surya
- BTS Tenaga Surya
- Pompa Tenaga Surya
- Pendingin Tenaga Surya
- Agrivoltaic System
- AC Tenaga Surya
- Perahu Tenaga Surya
- EV Charger Tenaga Surya
Hubungi Kami untuk info lebih lanjut

Bagaimana Cara Kerjanya

SOLAR PV

Cahaya dari Matahari, yang disebut energi terdiri dari partikel partikel yang disebut foton, foton yang jatuh ke panel surya akan menciptakan arus listrik melalui proses yang disebut efek fotovoltaik. Setiap panel menghasilkan jumlah energi yang relatif kecil, tetapi dapat dihubungkan bersama dengan panel lain untuk menghasilkan jumlah energi yang lebih tinggi sebagai susunan surya. Listrik yang dihasilkan dari panel surya (atau array) dalam bentuk arus searah (DC). Meskipun banyak perangkat elektronik menggunakan listrik DC, termasuk ponsel atau laptop Anda, mereka dirancang untuk beroperasi menggunakan jaringan utilitas listrik yang menyediakan (dan membutuhkan) arus bolak-balik (AC). Oleh karena itu, agar listrik tenaga surya dapat bermanfaat harus diubah dari DC ke AC dulu menggunakan inverter. Listrik AC dari inverter ini kemudian dapat digunakan untuk menyalakan elektronik secara lokal, atau dikirim ke jaringan listrik untuk digunakan di tempat lain.

KOMPONEN UTAMA

Panel surya terdiri dari banyak sel surya dengan sifat semikonduktor yang dikemas dan dibungkus sedemikian rupa untuk melindunginya dari lingkungan. Sifat-sifat ini memungkinkan sel menangkap cahaya, atau lebih khusus lagi, foton dari matahari dan mengubah energinya menjadi listrik yang berguna melalui proses yang disebut efek fotovoltaik. Di kedua sisi semikonduktor adalah lapisan bahan konduktor yang “mengumpulkan” listrik yang dihasilkan.
Sisi panel yang diterangi juga mengandung lapisan anti-pantulan untuk meminimalkan kerugian akibat pantulan. Pada umumnya panel surya yang diproduksi di seluruh dunia terbuat dari silikon kristal, yang memiliki batas efisiensi teoritis 33% untuk mengubah energi matahari menjadi listrik.

Inverter adalah perangkat listrik yang menerima arus listrik dalam bentuk arus searah (DC) dan mengubahnya menjadi arus bolak-balik (AC). Untuk sistem energi surya, ini berarti arus DC dari susunan surya diumpankan melalui inverter yang mengubahnya menjadi AC.
Konversi ini diperlukan untuk mengoperasikan sebagian besar perangkat listrik atau antarmuka dengan jaringan listrik.
Inverter penting untuk hampir semua sistem energi surya dan biasanya merupakan komponen paling mahal setelah panel surya itu sendiri.
Sebuah inverter yang dipasang pada rak surya mengubah listrik DC dari susunan surya menjadi listrik AC yang berguna.
Kebanyakan inverter memiliki efisiensi konversi 90% atau lebih tinggi dan memiliki fitur keselamatan penting termasuk gangguan sirkuit gangguan tanah dan anti-islanding. Ini mematikan sistem PV ketika ada kehilangan daya jaringan

Baterai adalah sel elektrokimia yang mengubah energi kimia secara langsung menjadi energi listrik. Baterai mengalirkan energi listrik dari potensial tinggi ke potensial rendah untuk menghidupkan suatu alat elektronik.
Dalam Sistem Energi Terbarukan Baterai berfungsi sebagai penyimpan energi listrik yang dihasilkan oleh panel photovoltaic melalui inverter.
Ada macam-macam baterai untuk bisa digunakan di Sistem Energi terbarukan, seperti:
– VRLA
– OPZv
– Lithium ( yang populer sekarang Lithium Iron Phosphate -LiFePO4)

Racking mengacu pada pemasangan susunan surya ke tanah atau atap. Biasanya dibuat dari baja atau aluminium, peralatan ini secara kuat memasang panel surya di tempatnya dengan tingkat presisi yang tinggi. Sistem rak harus dirancang untuk tahan terhadap peristiwa cuaca ekstrem seperti angin topan atau angin puting beliung dan/atau akumulasi salju yang tinggi. Fitur penting lainnya dari sistem racking adalah sebagai grounding susunan panel surya untuk mencegah sengatan listrik. macam Sistem roof top ada dua variasi
– sistem flat roof
– sistem pitched roof
Untuk sistem flat roof, biasanya sistem racking menyertakan pemberat berbobot untuk menahan susunan ke atap menggunakan gravitasi.
Pada sistem pitched roof, sistem rak harus disambungkan secara mekanis ke struktur atap.
Sistem PV yang dipasang di tanah, dapat menggunakan ballast atau jangkar mekanis untuk memasang susunan ke tanah.
Beberapa sistem rak yang dipasang di tanah juga menggabungkan sistem pelacakan yang menggunakan motor dan sensor untuk melacak Matahari melalui langit, untuk meningkatkan jumlah energi yang dihasilkan dengan biaya peralatan dan pemeliharaan yang lebih tinggi.

OUR PRODUCT PARTNER

Kualitas dari hasil berkaitan dengan efisiensi dan performance dari sebuah sistem renewable energi dan sistem produksi tergantung dari komponen dan alat penunjangnya. AJIPower® selalu mengutamakan menggunakan produk-produk dari merek yang ternama dan berada di Tier-1 list berdasar dari Review Internasional, percayakan kebutuhan Energi Terbarukan dan Sheet Metal Part dan Mesin kepada kami.
Dapatkan penawaran dan solusi yang terbaik mengenai produk energi terbarukan anda kepada kami.

error: Alert: Content selection is disabled!!