fbpx

PROSES LASER MARKING

PROSES LASER MARKING

 

Proses Mesin Laser Marking

Proses laser marking melibatkan serangkaian langkah yang diarahkan untuk menciptakan tanda atau marka permanen pada suatu objek menggunakan sinar laser. Berikut adalah tahapan umum dalam proses laser marking:
1. Pemilihan Jenis Laser:
Pilih jenis laser yang sesuai dengan jenis material yang akan diberi marka. Misalnya, laser CO2 untuk material organik, laser serat untuk logam, dan laser UV untuk bahan sensitif panas.
2. Pemilihan Parameter Laser:
Atur parameter laser seperti kekuatan, durasi, dan frekuensi sesuai dengan karakteristik material dan tipe laser yang digunakan.
3. Pemfokusan Sinar Laser:
Pusatkan atau fokuskan sinar laser pada permukaan objek yang akan diberi marka. Proses ini memastikan ketepatan dan ketelitian dalam pembentukan marka.
4. Interaksi dengan Permukaan:
Sinar laser berinteraksi dengan permukaan objek. Proses ini dapat menciptakan perubahan warna, penghilangan lapisan, atau modifikasi permukaan sesuai dengan jenis laser dan material yang digunakan.
5. Pengaturan Pola Marka:
Atur pola marka atau karakter yang akan dihasilkan oleh sinar laser. Ini dapat berupa teks, kode batang, logo, atau pola khusus lainnya.
6. Kontrol Berbasis Komputer:
Proses laser marking umumnya dikendalikan oleh perangkat lunak komputer. Operator dapat memprogram desain marka, mengatur parameter laser, dan mengontrol proses secara keseluruhan.
7. Pengujian dan Verifikasi:
Setelah laser marking selesai, lakukan pengujian untuk memastikan bahwa marka terbentuk dengan baik dan sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan.
8. Finishing dan Perlindungan Marka:
Pada beberapa kasus, setelah laser marking selesai, dapat diperlukan langkah finishing seperti pembersihan sisa debu atau perlindungan marka dengan lapisan tambahan untuk meningkatkan ketahanan.
9. Dokumentasi dan Pelacakan:
Dokumentasikan informasi mengenai marka, termasuk tanggal produksi, nomor seri, atau informasi pelacakan lainnya yang dapat berguna dalam manajemen inventaris atau kualitas produk.

Kesimpulan:
– Proses laser marking melibatkan teknologi tinggi dan memerlukan presisi dalam mengatur parameter dan mengelola perangkat lunak.
– Dengan mengikuti langkah-langkah ini, operator dapat menciptakan marka yang akurat, tahan lama, dan sesuai dengan kebutuhan aplikasi.

Hubungi sales engineer kami di salesku@ajipower.id Untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Have a question? Contact Us !
error: Alert: Content selection is disabled!!